6 Alasan Penting Memilih Jam Digital Masjid

jam digital masjid, running text masjid

Simak 6 Alasan Penting Memilih Jam Digital Masjid

Jam dinding di masjid tak lagi berfungsi normal? Berarti sudah saatnya mengganti jam dinding baru. Kalau Anda bingung antara memiliih jam dinding model analog atau digital, setelah membaca artikel ini hal itu tak akan terjadi. Disarankan untuk memilih jam digital masjid karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa keunggulannya

  1. Lebih Presisi

Jam digital menunjukkan angka jam, menit, dan detik di layar dengan presisi. Ini membuatnya lebih mudah dipahami oleh jemaah masjid.

Bagi pengurus masjid pun akan lebih mudah untuk mengetahui apakah saat ini sudah masuk waktu salat atau belum.

  1. Angka Jam Lebih Jelas Terlihat

Bayangkan ketika jam dinding analog diletakkan di dinding dalam masjid bagian depan. Sementara jemaah di bagian paling belakang, misalnya berjarak 15 meter. Tentu akan sulit untuk melihat angka jam analog tersebut dengan jelas.

Sebaliknya, jika menggunakan jam dinding digital, angkanya akan terlihat lebih jelas. Karena angka tersebut terang dalam sinar LED.

  1. Lebih Kaya Fitur

Jam dinding digital memiliki lebih banyak fitur dibanding jam dinding biasa. Di antaranya, memiliki jadwal waktu salat. Dengan begitu, setiap masuk waktu salat, jam ini akan berbunyi dan mengabarkan bahwa waktu salat sudah tiba.

Bahkan jadwal salat itu bisa diatur hingga beberapa tahun mendatang. Dengan demikian, penjaga masjid tak perlu repot untuk memperbarui jadwal salat terus menerus.

Tidak hanya itu, pada model tertentu, ada juga fiturpesanberjalanataurunning text yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan. Misalnya, kita bisa menulis tentang acara yang akan diadakan—atau bahkan  sebuah imbauan yang berkaitan dengan kegiatan di masjid

Ada juga jam digital yang dilengkapi dengan waktu hitung mundur ikamah. Dengan begitu jemaah masjid bisa memperkirakan apakah perlu melakukan sholat qobliyah atau tidak.

  1. Pengaturan Mudah

Untuk melakukan pengaturan jam digital masjid ini amat mudah. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Biasanya saat membelinya diberikan panduan untuk mengatur jam digital dinding masjid ini.

  1. Perawatan Gampang

Untuk merawat jam inding digital ini mudah. Cukup dibersihkan seminggu sekali untuk menyingkirkan debu yang menempel. Kalau misalnya baterainyahabis, kita hanya perlu menggantinya dengan baterai baru.

  1. Banyak Pilihan Model

Ada banyak pilihan jam dinding digital masjid yang bisa dipilih. Ada yang hanya berupa jam LED yang hanya memunculkan angkanya saja, dan ada pula yang modelnya dilengkapi dengan gambar masjid dan berpigura.

Ukurannya jam dinding ini pun beragam. Ada yang berukuran 50×25 cm, 80×40 cm, 100×40 cm, dan 125×55 cm. jadi kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan di masjid.

Jika ukuran ruangan dalam masjid cukup besar, kita bisa membeli jam dinding dengan ukuran yang sesuai agar angka jam tersebut bisa terlihat jelas hingga jemaah di barisan paling belakang.

Itu tadi keunggulan jam digital masjid dibanding jam dinding biasa. Dengan segala kelebihan tersebut, pantas kalau masjid-masjid di Indonesia banyak beralih menggunakan jam dinding model ini.

Share this post
  ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *